Asep Buhori: Ikan Cue Jadi Produk Unggulan Khas Cabangbungin

BEKASI DapurBerita.com – Pemerintah Kecamatan Cabangbungin terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satunya pengrajin Ikan Cue, agar produk khas Kecamatan Cabangbungin bisa dikenal lebih luas ke masyarakat baik di Kabupaten Bekasi maupun luar daerah. Camat Cabangbungin, Asep Buhori menyampaikan, Kecamatan Cabangbungin sudah memiliki produk UMKM unggulan yang khas, salah satunya Ikan Cue Bandeng yang berasal dari para pengrajin di Desa Jayalaksana yang menjadi perhatian khusus.

“Pertama selalu dikonsumsi oleh masyarakat sini, kemudian Ikan Cue juga disukai oleh kalangan masyarakat di antaranya Kecamatan Sukakarya, Babelan, dan Cikarang. Mudah-mudahan bisa dikenal secara luas dan masyarakat bisa melihat bahwa Kecamatan Cabangbungin ini ternyata punya produk unggulan Ikan Cue,” ujarnya pada Selasa, (24/10/2023).

Baca juga :  PWI Bekasi Hadiri Halal Bihalal Bersama Plt Wali Kota Bekasi

Lebih lanjut, tambah dia, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk dapat mendongkrak perekonomian UMKM melalui dukungan dan kerjasama dengan pihak swasta. Baik dari sisi permodalan hingga pemasaran yang terus dilakukan agar bisa memajukan perekonomian di wilayah Cabangbungin.

“Dukungan dari kami di antaranya menghubungi bank-bank terkait yang bisa membantu permodalan mereka. Salah satunya bank BJB sudah masuk di situ, sehingga mudah-mudahan dengan masuknya bank ini dapat mendongkrak perekonomian, pemasaran atau produksi dari Ikan Cue ini,” tambah dia.

Dia berharap, ke depannya UMKM yang berada di Kecamatan Cabangbungin ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah Cabangbungin, serta dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Bekasi. “Jikalau ekonominya bagus, IPM nya juga akan bagus,” tuturnya singkat.

Baca juga :  Atasi Kekeringan Lahan Pertanian, Pemkab Bekasi Gencarkan Penambahan Debit Air

Sementara itu salah seorang penjual Ikan Cue, Sanah (52) menyampaikan, usaha Ikan Cue yang digeluti sudah bertahun-tahun lamanya. Dengan cara diambil dari pemasok bahan baku ikan mentah kepada para pengrajin Ikan Cue.

Berbagai jenis Cue yang dijual yakni cukup bervariasi mulai dari Ikan Cue Bandeng, Ikan Cue Layang, Ikan Cue Tongkol dan Ikan Cue lainnya. Hasil pembuatan Ikan Cue menjadi penghasilan utama warga di Desa Jayalaksana. “Harganya beda-beda ada yang Rp 10.000, ada yang Rp 15.000 dapet 2, dan kurang lebih harganya ada di kisaran itu,” ucapnya. Dirinya berharap, Ikan Cue dapat semakin laris penjualannya yang nantinya bisa meningkatkan pangsa pasar lebih luas. Dengan demikian produksi meningkat dan kesejahteraan masyarakat pun bisa meningkat. “Ya, semoga bisa semakin laris jualannya biar sampe dikenal masyarakat luar Cabangbungin dan lainnya,” harapnya.(Hans)

Baca juga :  Disperkimtan Kabupaten Bekasi Siap Tingkatkan Kinerja di Tahun 2024

Mungkin Anda Menyukai