Damkar Kabupaten Bekasi Bagikan Tips Mudik Aman dan Cegah Kebakaran

BEKASI DapurBerita.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi memberikan tiga tips penting untuk masyarakat sebelum meninggalkan rumah untuk mudik atau berkunjung ke kampung halaman dalam momen cuti bersama atau libur lebaran 2023.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengatakan, dalam rangka mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2023, pihaknya mengimbau dan mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi yang akan melaksankan mudik untuk menerapkan beberapa tips penting dari Damkar agar rumah tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Pertama sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan steker atau stop kontak peralatan elektronik (kulkas, dispenser, televisi) dan peralatan dapur seperti kompor gas, dalam keadaan aman. Jangan sampai ketika meninggalkan rumah peralatan elektronik masih dalam keadaan menyala,” ucap Hasan Basri, Selasa (18/04/23).

Baca juga :  Choiruman J Putro: Anggaran Mobil Dinas Dengan Pembangunan Harus Jalan

Hasan menjelaskan, korsleting listrik menjadi pemicu utama beberapa kasus kebakaran rumah yang harus dihindari selama ditinggal pemiliknya.Selanjutnya, masyarakat wajib melaporkan situasi rumah kepada pihak RT maupun RW serta menitipkannya kepada tetangga terdekat untuk dapat membantu mengawasi keamanan lingkungan secara seksama.

“Kedua adalah dengan melaporkan kepada pihak RT atau RW. Pastikan ketika meninggalkan rumah diketahui oleh RT atau RW di lingkungan tempat tinggalnya, sehingga keamanan lingkungan dapat terjaga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Hal tersebut, bertujuan karena seringnya terjadi pencurian atau pembobolan rumah yang ditinggalkan mudik yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian yang ketiga, untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar menitipkan kepada kerabat atau tempat penitipan hewan terpercaya, sehingga hewan peliharaan tidak terlantar di dalam rumah. Untuk hewan-hewan peliharaan berjenis reptil agar lebih diperhatikan lagi dan tidak sembarangan dalam penanganannya selama ditinggalkan.

Baca juga :  Helmi SE, Anggota DPRD kabupten Bekasi Apresiasi Kinerja Damkar Dalam Membantu Masyarakat

“Ya, bagi warga yang memiliki hewan peliharaan sebaiknya dititipkan, jangan sampai ketika ditinggalkan apalagi dalam waktu yang lama tidak terpelihara. Sehingga menimbulkan masalah lainnya,” jelasnya.

Hasan Basri menyebutkan, menghadapi musim mudik tahun ini, Damkar Kabupaten Bekasi, telah bersiaga melakukan antisipasi dengan menyiapkan personel lengkap selama masyarakat melaksanakan mudik. Sehingga dapat melakukan respon cepat dan pengendalian terhadap gangguan maupun masalah yang berkaitan dengan Dinas Pemadam Kebakaran. 

“Apabila ada insiden atau terjadi kebakaran, bisa langsung melaporkan ke pihak Damkar, kami sudah sampaikan nomor-nomor darurat yang dapat dihubungi. Jadi apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan, misalkan ada pengaduan baik itu terjadi insiden kebakaran atau gangguan hewan yang berbahaya, kita segera bertindak,” terangnya.

Baca juga :  Puskesmas Pebayuran Adakan Pembinaan Kesehatan Olahraga Bagi Pelajar

Berikut nomor Hotline Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi yang dapat dihubungi, 021-22137870/021-22162577 (Kantor Pusat), 021-88336732 (Sektor Tambun Selatan), dan 021-89101527 (Sektor Cikarang Utara). (Hans)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan