Disdukcapil Kabupaten Bekasi Buka Program Layanan Adminduk Simpro

BEKASI DapurBerita.com -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi kembali melakukan agenda rutin program Siap Melayani Mudah Prosesnya (Simpro) ‘jemput bola’ pada akhir pekan. Program tersebut untuk membantu pengurusan dokumen kependudukan di Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan. Kepala Unit Pelayanan Adminduk Cikarang Selatan, Yayat Chandrahayat menuturkan, kegiatan tersebut ditujukan untuk memudahkan masyarakat yang hendak mengupdate data kependudukannya ataupun melakukan perbaikan data yang sudah ada.

“Untuk kegiatan di Desa Serang kemarin berlangsung lancar, respon warga juga positif terlihat dari antrian yang begitu banyak diluar kantor desa. Namun dibantu rekan-rekan dari Aparatur Desa alhamdulillah seluruh keperluan warga dapat terakomodir dengan baik,” ungkap Yayat pada Senin (15/01/2024).

Baca juga :  Sat Set Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Angkut Sampah dari Bendungan Srengseng Hilir

Masyarakat yang datang, lanjut Yayat, hampir sebagian besar didominasi untuk keperluan mengurus KIA (Kartu Identitas Anak). Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut pihaknya juga menyediakan beberapa layanan lainnya seperti, perekaman biometrik KTP-Elektronik, Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), serta permohonan Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

“Ini bagian dari komitmen Disdukcapil Kabupaten Bekasi untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan ramah sesuai dengan tagline Simpro yakni Siap Melayani Mudah Prosesnya. Kalaupun ada warga yang belum terlayani kemarin, kami mengarahkan untuk datang ke Kantor Kecamatan atau mengunjungi Pos Pelayanan Adminduk yang ada di Lantai 2 Pasar Sentral,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Desa Serang, Irwan Handoko menyambut baik hadirnya layanan Adminduk yang diinisiasi oleh Disdukcapil Kabupaten Bekasi di wilayahnya. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat yang terkendala waktu tidak sempat menyelesaikan keperluan dokumen kependudukannya di hari kerja.

Baca juga :  Presiden Jokowi Lantik Letjen TNI Dudung Abdurachman Sebagai KSAD

“Kami atas nama Pemerintah Desa Serang, mengucapkan terimakasih atas kegiatan dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang telah menyediakan layanan Adminduknya di akhir pekan ini, warga kami tadi begitu antusias mengantri sejak jam 9 pagi sampai ke halaman kantor desa, dan alhamdulillah semua berjalan tertib dan lancar,” ungkapnya.

Irwan menambahkan, untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut ia juga menginstruksikan jajarannya baik Aparatur Desa, RT/RW, Linmas, hingga Ibu PKK dan Kader Posyandu untuk mendampingi warga dan petugas dari Disdukcapil, sehingga warga yang datang dapat dengan tertib mengikuti antrian dan juga dibantu untuk mengisi form-form dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan

“Alhamdulillah kami dari keluarga besar Pemerintah Desa Serang semuanya turut hadir dan terlibat mendampingi kegiatan tersebut, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kedepan, kami juga berharap kegiatan pelayanan serupa dapat di gelar kembali guna memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan khususnya bagi warga Desa Serang,” harapnya. (Hans)

Baca juga :  Pick up Parkir di Jembatan, Dihantam Innova

 

Mungkin Anda Menyukai