Dorong Pelaku Koperasi Gelar RAT Buka Rakor Dekopinda 2024, Dani Ramdan

BEKASI DapurBerita.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya mendukung keberadaan Koperasi yang ada saat ini agar lebih maju dan berkembang. Di antaranya dengan memfasilitasi rapat koordinasi tahunan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda). Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, usai membuka kegiatan Rapat Koordinasi Koperasi Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2024, yang berlangsung di Hotel Nuanza Kecamatan Cikarang Selatan pada Senin (26/04/2024).

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat efektif dalam menghimpun seluruh gerakan koperasi di Kabupaten Bekasi. Tentunya untuk saling berkoordinasi, menggali ide-ide serta gagasan-gagasan terbaru mendukung kemajuan koperasi yang sudah berjalan saat ini.

“Tentu dari Dinas Koperasi dan UKM menyampaikan kebijakan-kebijakan dan arahan-arahan dalam melakukan pembinaan koperasi ke depan,” ungkap Dani Ramdan usai membuka kegiatan tersebut. Dani Ramdan juga menekankan, agar koperasi yang telah ada dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sebab itu merupakan indikator utama dan bentuk tanggung jawab pengurus dan pengawas kepada anggota koperasi itu sendiri.

Baca juga :  Pangdam Jaya dan Wali Kota Bekasi Resmikan Gedung Makodim 0507/Bekasi

“Untuk mendorong supaya RAT itu berjalan, kita memberikan penghargaan, sertifikat bagi koperasi-koperasi yang bisa melaksanakan RAT di awal tahun dan juga koperasi award utk koperasi-koperasi berkinerja terbaik di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar menambahkan, saat ini sinergitas antara Pemerintah Daerah, Dekopinda, serta pelaku koperasi sudah terbangun dengan sangat baik. Dibuktikan ketika Hari Koperasi kemarin, Kabupaten Bekasi menjadi Kabupaten Koperasi terbaik se-Jawa Barat.

Toto menerangkan, berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah terutama Dinas Koperasi dan UKM, Dekopinda Kabupaten Bekasi berhasil menggulirkan sejumlah program yang memberi kemudahan Pelaku Koperasi, di antaranya pembentukan koperasi gratis biaya, tersedianya layanan “Kopi Panas” yakni pendampingan koperasi yang mengalami masalah oleh tenaga ahli baik akademisi, pakar hukum dan pakar koperasi. Terakhir, diberikan reward kepada koperasi yang melaksanakan RAT yang telah ditandatangani langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Baca juga :  BPBD Gelar Latihan Simulasi Evakuasi Mandiri Bencana Banjir di Situ Abidin

“Kami Dekopinda Kabupaten akan terus mendukung program kebijakan Pemerintah Kabupaten Bekasi karena berpihak kepada masyarakat dan rakyat yang notabene orang koperasi dan UKM Kang Dani itu sangat aware dengan koperasi dan UKM,” tandasnya. (HS)

 

Mungkin Anda Menyukai