Gelar Lomba Desa, Camat Deni Mulyadi Tekankan Pentingnya Kualitas Pelayanan Publik

BEKASI DapurBerita.com – Tim Monitoring dan Penilaian Pemerintah Kecamatan Serang Baru telah merampungkan rangkaian penilaian dalam kegiatan lomba desa tingkat Kecamatan. Kegiatan ini diikuti delapan desa se-Kecamatan Serang Baru.  Lomba desa yang digelar setiap tahun ini bertujuan untuk menilai kelengkapan administrasi desa untuk mengetahui bagaimana tata kelola pemerintahan desa. Serta sejauhmana sinergitas yang terjalin antar lembaga desa.

Hal tersebut disampaikan Camat Serang Baru Deni Mulyadi, ditemui di ruangannya pada Jum’at (03/05/2024). Ia menjelaskan, Tim Monitoring dan Penilaian itu sendiri melibatkan unsur pegawai dilingkungan Kecamatan bersama dengan UPT KB, Puskesmas serta Dinas Pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Serang Baru.

“Jadi tim tersebut berkeliling ke setiap desa melakukan pengecekan administrasi sekaligus memberikan pembinaan dan arahan kepada aparatur pemerintah desa agar kedepannya aspek administrasi tersebut dapat lengkap dan benar,” kata Deni.

Baca juga :  Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Presiden Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu

Tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat semata, diselenggarakannya lomba desa ini juga sebagai bahan evaluasi bagi seluruh aparatur pemerintah desa. Terutama dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksanaan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

“Tentunya ini berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik, kita lihat juga kan dari aspek perencanaannya, penyusunan APBDesnya, efektifitas dalam pelaksanaan APBDesnya. Jadi kita lihat sejauhmana APBDes ini menyelesaikan permasalahan yang ada di desa termasuk pelayanan itu sendiri,” lanjutnya. Adapun delapan desa yang mengikuti lomba tersebut yakni Desa Cilangkara, Desa Jayamulya, Desa Jayasampurna, Desa Nagacipta, Desa Desa Nagasari, Desa Sinarjaya, Desa Sukaragam dan Desa Sukasari.

Deni Mulyadi berharap, dengan diadakannya lomba desa ini, memacu motivasi dan semangat seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Serang Baru. Agar memberikan kontribusi dan inovasi terbaiknya kepada masyarakat melalui pengelolaan sumber daya dan potensi yang dimiliki desa tersebut. “Harapannya desa dapat bekerja lebih baik lagi terutama dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya menjalankan roda pemerintahan, memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta pembangunan di desa,” tegasnya. (Hans)

Baca juga :  Jangkau Masyarakat Pekerja, Disdukcapil Bekasi Siap Buka Layanan Sami-Sami

 

Mungkin Anda Menyukai