Hasil Program Kegiatan Mercy Corps Indonesia di Serahterimakan  ke Pemkab Humbahas

HUMBAHAS DapurBerita.com – Setelah dilaksanakan dalam kurun waktu  2 tahun  dengan capaian dan target beberapa  program  fisik  dan TOT,  Mercy Corps Indonesia dan  The Starbuck Foundation  telah membangun program di 3 Kecamatan dengan  6 Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan.Hasil program kegiatan di resmi ditutup dan diserah terimakan kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang bertempat di Aula Hutamas Rabu (23/3/2022).

Penutupan yang ditandai dengan penyerahan plakat
serah terima  program  oleh Direktur Eksekutif  Mercys Corps Indonesia,  Ade Soekadis dan Country   Director The Starbucks Indonedia , Masyitah Daud   kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan, Restu Imanesa SKM. Turut disaksikan  Camat Doloksanggul, Kartini Sinambela S.Sos, Camat Onan Ganjang ,Ferry Sitorus S.Sos , Camat Lintongnihuta dan pihak Pemerintahan Desa  penerima program dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Baca juga :  Matangkan Wisata Industri, Pemkab Bekasi Godok Perbub

Dalam Laporannya, panitia kegiatan menyampaikan, adapun sasaran intervensi program adalah  Kecamatan  Doloksanggul , Kecamatan Onan Ganjang dan Kecamatan Lintongnihuta  dengan jumlah  6 Desa yakni Desa Sait Nihuta , Desa Hutaraja Desa Parbotihan , Desa Batu Nagodang, Desa Nagasaribu dan Desa Parulohan .

Bentuk  sasaran fisik berupa pembangunan dan renovasi Fasilitas Wash . Mercy Corps Indonesia hadir di Kabupaten Humbang Hasundutan sejak Mei tahun 2021 sampai dengan bulan Maret 2022 telah menjangkau 2.582 Kepala Keluarga dengan 10.148 jiwa untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat  mengenai covid -19 dan stunting dengan memberikan pelatihan dan edukasi. Program  pembangunan fasilitas air bersih  dan sanitasi juga telah terlaksana. Bagi petani telah dilakukan pelatihan agripreneurship dan entrepreneurship.

Baca juga :  Kabupaten Bekasi Catatkan 153.812 Anak Telah Diimunisasi

Dari hasil program kegiatan telah dicapai hasil berupa telah dihasilkan dan didistribusikan sebanyak 5.454 Media Cetak KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi ) , 24 buku Indonesia bebas stunting, 24 buku Operasional dan Pemeliharaan sumber air bersih dan sanitasi,   25 fasilitas wash telah dibangun dan direnovasi, 104 kader kesehatan telah mengikuti  pelatihan tentang covid 19 dan manejemen bebas stunting. Juga 14 posyandu  telah mendapatkan edukasi kesehatan dan perlengkapan kesehatan. Kegiatan kepada  104 anak muda mengikuti pelatihan agrientrepreneurship dan entrepreneurship.

Eksekutif Direktur Mercy Corps Indonesia dalam acara penutupan menyampaikan ucapan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah terlibat semenjak mereka hadir di Kabupaten Humbahas.

“Terimakasih  atas partisipasi masyakat seluruh pihak atas kerjasamanya selama ini, kepada masyarakat dan pemerintah atas partisipasinya , semoga bisa memberikan manfaat kepada semua pihak, harapan kami program ini punya dampak signifikan di tengah kehidupan masyarakat, semoga program yang telah terbangun  memberikan manfaat dan kami mengharapkan masukan dan saran dari semua pihak untuk perbaikan program selanjutnya” ucap Ade.

Baca juga :  Gerakan Pangan Murah dan Kegiatan Operasi Pasar Guna Tingkatkan Daya Beli Masyarakat dan Menekan Inflasi di Kota Bekasi

Ade juga  mengharapkan kiranya seluruh hasil program kegiatan yang telah mereka berikan diimplementasikan oleh masyarakat penerima program dan semua fasilitas yang telah diserahkan dijaga dan dirawat.

Acara tersebut secara resmi ditutup oleh Restu Imanesa , Kabid Kesmas mewakili Pemerintah Kabupaten Humbahas.

Sebagai ucapan terimakasih Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan memberikan cindera mata berupa Ulos Batak kepada  Masyitah Daud, Country Director Starbucks Indonesia ,dan kepada Direktur Eksekutif Mercy Corps IndonesiaMercy Corps Indonesia Ade Soekadis. (lam)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan