Kecamatan Cikarang Selatan Rutin Gelar Program Jumat Bersih

BEKASI DapurBerita.com – Kecamatan Cikarang Selatan secara rutin kembali melaksanakan kegiatan Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) pada Jumat Bersih (Jumsih). Kegiatan Jumsih itu dilakukan di sepanjang tepi jalan tol arah PT Gemalapik, tepatnya di wilayah RT 03 RW 02 Kampung Tegal luhur,  Desa Cibatu pada Jum’at (26/01/2024).

Pelaksanaan giat Jumsih yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Daniel Aritonang bersama jajarannya bertujuan menjaga lingkungan tetap bersih. Selain itu juga terbebas dari sampah terutama disekitar jalan raya, yang menjadi sarana umum lalulintas warga.

“Menjaga kebersihan lingkungan sebetulnya menjadi tanggung jawab kita semua, apalagi lokasi yang kita bersihkan hari ini adalah akses jalan yang sering dilalui masyarakat untuk beraktifitas menuju tempat kerja, anak-anak ke sekolah,” ungkapnya disela kegiatan membersihkan rumput dan semak belukar di lokasi Jumsih.

Baca juga :  Masyarakat Sudah Bisa Dapatkan Layanan Kesehatan di Puskesmas Jaticempaka

Daniel mengatakan, budaya gotong royong dalam membersihkan lingkungan saat ini sudah mulai luntur di masyarakat. Karena itu, dengan adanya giat Jumsih diharapkan dapat membangun kembali kesadaran masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan terutama pada hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

“Terkadang masih saja ada beberapa warga yang kurang peduli terhadap pentingnya kebersihan lingkungan, sampah yang berserakan di pinggir jalan dan menghambat saluran air. Padahal saat ini mulai masuk musim penghujan, tentu dapat menimbulkan genangan dan luapan air yang mengganggu akses jalan itu sendiri,” tegasnya.

Oleh karena itu, Daniel mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kecamatan Cikarang Selatan untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran bahwa menjaga kebersihan itu penting untuk kesehatan dan memberikan kenyamanan terhadap lingkungan.

Baca juga :  Baznas Kabupaten Bekasi Salurkan 25.784 Rantang Makan Siang Untuk Dhuafa Lansia

“Mudah-mudahan kegiatan positif seperti ini dapat terus rutin dilaksanakan dan kita juga mengajak partisipasi dari masyarakat sekitar yang mungkin sedang tidak beraktifitas di hari Jum’at ini untuk sama-sama kita jaga kebersihan dan ketertiban lingkungan di sekitar kita,” katanya.

Dalam kegiatan Jumsih ini, Kasi Trantib Kecamatan Cikarang Selatan bersama tim bergerak sejak pagi hari melakukan bersih-bersih di sekitaran pinggir jalan, dengan menyapu sampah, memotong rumput dan semak belukar yang mulai tinggi, dan juga membersihkan saluran drainase yang ada.

Sebagian sampah ada yang dimasukkan kedalam trashbag dan diangkut menggunakan Kendaraan Kebersihan, sampah organik lainnya seperti daun kering dan ranting yang mudah terurai akan langsung dibakar. (HS)

Baca juga :  Pemkab Bekasi Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023

Mungkin Anda Menyukai