Kecamatan Serang Baru Wujudkan Wilayah Sehat

KABUPATEN BEKASI DapurBerita.com – Kecamatan Serang Baru menggelar kegiatan Pembinaan Kecamatan Sehat yang diikuti oleh seluruh kader PKK, kader Posyandu dan Bidan Desa di Aula Kantor Kecamatan Serang Baru pada Jum’at (26/04/2024). Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Serang Baru, Jahuri menyampaikan, Pembinaan Kecamatan Sehat bertujuan untuk mewujudkan kondisi wilayah yang sehat, bersih, nyaman, dan aman. Tentunya melalui sinergi antara pemerintah kecamatan bersama kelompok kerja di tingkat desa.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini diikuti dengan baik oleh seluruh peserta baik dari PKK, para kader, juga bidan desa. Mereka menyimak paparan materi dari narasumber yang kita undang dari praktisi kesehatan di rumah sakit, juga ada sesi tanya jawab tadi diakhir kegiatan,” ungkapnya.

Baca juga :  Damkar Kabupaten Bekasi Ingatkan Warga Tidak Bakar Sampah Sembarangan

Jahuri menambahkan, kesehatan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh masyarakat. Dan hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab instansi kesehatan ataupun Instansi Pemerintah semata, tapi bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat harus ditanamkan sejak dini di lingkungan keluarga.

“Seperti yang disampaikan oleh narasumber, membentuk kesadaran tentang pentingnya kesehatan ini perlu dimulai dari diri sendiri terutama di lingkungan keluarga di rumah. Dan untuk itu, saya seringkali mengimbau di setiap kesempatan untuk kita selalu peduli terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar,” terangnya.

Sementara itu, narasumber dalam kegiatan tersebut, Bidan Imas Emalia menambahkan, di antara indikator Kecamatan Sehat yakni lingkungan sehat dimana dalam lingkungan tersebut udaranya bersih, tanahnya subur, sumber airnya bersih dan jernih, serta bersih dari sampah.

Baca juga :  WHO Tetapkan Hepatitis Akut Sebagai KLB

“Tentu ini ada kaitannya dengan ODF dan Pengentasan Stunting. Selain lingkungan yang sehat, asupan makanan bergizi dan juga perilaku hidup sehat seperti tidak buang air besar sembarangan. Dan upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan itu terus kita lakukan melalui sinergi bersama instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Imas juga menekankan, agar seluruh kader baik PKK, Posyandu serta kelompok kerja lainnya dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Melalui sinergitas yang baik dari Kader PKK Kecamatan, Kader Desa, dapat mensosialisasikan ke masyarakat mengenai pentingnya masalah kesehatan kepada masyarakat disetiap kesempatan baik saat Posyandu atau kegiatan penyuluhan lainnya,” tutupnya. (Hans)

Mungkin Anda Menyukai