KPA Kabupaten Bekasi Latih 25 WBP Menjadi Kader Kesehatan

BEKASI DapurBerita.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi, menjalin kerjasama dengan Lapas II A Cikarang menggelar sosialisasi kesehatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar paham mengenai kesehatan seksual dan reproduksi, HIV/AIDS, TB paru serta pertolongan pertama pada kecelakaan.

“Dengan adanya program tersebut bertujuan kita memberikan pemahaman terhadap keahlian yang notabennya sangat diperlukan di Lapas Cikarang untuk teman-teman WBP,” jelas Kepala Sekretariat KPA Kabupaten Bekasi Ade Barwono di kantornya Cikarang Utara pada Jum’at (01/03/2024).

Ade mengungkapkan, sebanyak 25 orang warga binaan menjadi perwakilan blok hunian untuk diberikan pelatihan menjadi kader kesehatan. “Kader kesehatan sebagai garda terdepan dalam pencegahan dan pendidikan kesehatan serta respon cepat apabila terjadi masalah kesehatan pada WBP,” ungkapnya.

Baca juga :  Tingkatkan Iklim Investasi, DPMPTSP Terus Permudah Pelayanan Perizinan

Ade mengatakan, tindak dari kegiatan ini nantinya WBP yang sudah dilatih menjadi kader kesehatan yang bisa memberikan kepanjangan tangan dari KPA untuk memberikan praktek tentang kesehatan yang baik.

“Iya, semoga mereka bisa menjadikan kepanjangan tangan dari KPA Kabupaten Bekasi, khususnya minimal dalam mengawasi atau mendampingi dalam pemberian obat antiretroviral terhadap orang dengan HIV/AIDS, serta TB paru,” terangnya.Dia menambahkan peran kader juga diharapkan dapat menjadi teladan, deteksi dini, penyampaian informasi kesehatan dan pendampingan bagi yang sakit di lapas. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan WBP di lingkungan Lapas Cikarang,” harapnya. (HS)

Mungkin Anda Menyukai