Pemkab Bekasi Hadirkan Gerai Pelayanan Bortam di Kecamatan Setu

BEKASI DapurBerita.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi menggelar gerai-gerai pelayanan kepada masyarakat di Wilayah Kecamatan Setu yang diberi nama BOTRAM yaitu berkolaborasi terus melayani, dalam penyelenggaraan layanan BOTRAM untuk yang perdana ini menggandeng instansi terkait juga perusahaan BUMN dan BUMD maupun Rumah Sakit Swasta di Kabupaten Bekasi, bertempat di Stadion Mini, Desa Cijengkol, Kecamatan Setu pada Sabtu 11 Maret 2023.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan memberikan apresiasi hadirnya program inovatif Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi.Dani Ramdan mengatakan, program Botram merupakan inovasi Pemkab Bekasi dalam mengoptimalkan pelayanan publik agar semakin dekat dengan masyarakat, sehingga warga lebih mudah dan efisien dalam mengurus dokumen kependudukan, termasuk pelayanan lainnya yang telah disediakan.

Baca juga :  Target Sertifikat Tanah Cepat Tercapai, Kantor Pertanahan Gandeng Pemkab Bekasi

“Jadi melalui program ini, kita yang datang ke masyarakat. Ini tentu jauh lebih efisien karena pelayanannya bisa secara langsung dirasakan oleh masyarakat, tanpa harus ke RT, RW atau desa. Langsung datang saja dan dilayani,” ucap Dani Ramdan, saat menghadiri kegiatan Botram di Lapangan Stadion Mini Desa Cijengkol, Kecamatan Setu, Sabtu (11/03/23).

Dani Ramdan menyampaikan, Pemkab Bekasi akan terus mendorong Program Botram ini agar kedepannya dapat berjalan dengan lebih intens. Termasuk dalam mensinergikan dinas-dinas lainnya untuk ikut andil dalam program tersebut.”Karena ini belum ada DPA-nya, jadi di tahun depan atau di APBD perubahan harus dianggarkan jadi intensitasnya bisa sebulan sekali. Dinas-dinas lain yang belum bergabung juga bisa, tidak harus pelayanan berbentuk administrasi saja tapi juga penyuluhan dan konsultasi,” katanya.

Baca juga :  Pemkab Bekasi Bersiap Kembangkan Wisata Industri

Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut juga disambut dengan antusias oleh masyarakat karena di samping memberikan pelayanan kepada masyarakat, program ini juga membawa dampak yang positif sebagai media hiburan dan sarana unjuk keterampilan bagi masyarakat.

“Selain dari unsur pemerintah daerah, ada juga kolaborasi dengan BLUD dan BUMN, ada juga UMKM. Anak-anak juga bisa menampilkan kreativitasnya di panggung, jadi dalam satu program ada banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan,” ungkapnya.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Carwinda menjelaskan, dalam program tersebut Disdukcapil menyiapkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan secara langsung. “Di acara ini masyarakat Kecamatan Setu bisa mendapatkan pelayanan dari seluruh instansi yang hadir di sini, khususnya Disdukcapil. Jadi apabila ada masyarakat yang belum punya KTP, perbaikan data, kartu keluarga, akte kelahiran dan lain-lain, bisa kita layani pada hari ini juga,” kata Carwinda. Selain dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Program Botram ini juga diikuti oleh Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bank Bjb, Pos Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan Forum UMKM Kecamatan Setu. (Hans)

Baca juga :  Sky Bridge Revo Mall Town, Lancarkan Lalu Lintas Pengguna LRT Masyarakat Kota Bekasi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan