Pemkab Bekasi Terima Penyerahan Lahan Fasos Fasum dari Pengembang PT ISPI Group

BEKASI DapurBerita.com – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menandatangani Berita Acara Serah Terima fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) dengan manajemen PT ISPI Group, di Halaman Mesjid Al-Hidayah Villa Mutiara Cikarang 2, Desa Sukasejati Kecamatan Cikarang Selatan pada Senin (12/02/2024).

Dani Ramdan menyampaikan, Pemkab Bekasi menyambut baik serta menyampaikan apresiasinya kepada PT ISPI Group. Selaku pengembang, PT ISPI Group telah melaksanakan kewajibannya untuk menyerahkan fasos/fasumnya, sehingga dapat dikelola lebih lanjut untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Ini memang sempat tertunda karena Covid, waktu pandemi itu sebenarnya sudah lama dirancang dan baru sekarang mungkin manajemen juga sudah mulai fokus kepada aspek-aspek bisnis dan masyarakat yang memang sudah menuntut terutama lahan-lahan yang sudah dibangun untuk masjid dan mushola, sehingga sekarang sudah punya kejelasan status,” jelas Dani Ramdan.

Baca juga :  Ketua PWI Bekasi: Pemda Harus Tegas Kepada Pengembang Perumahan

Pada kesempatan itu, PT ISPI Group menyerahkan sebanyak 16 buah fasos dan fasum baik untuk sarana ibadah, sarana pendidikan, serta layanan kesehatan yang representatif bagi masyarakat, dengan luas tanah mencapai 6800 meter persegi.

“Tapi setelah hitung-hitungan ternyata 6400 meter persegi itu untuk sekolah saja, jadi barusan langsung lewat Pak Freadi selaku direktur PT ISPI ditambahkan 2000 meter lebih untuk Puskesmas terpisah, sehingga dua-duanya tetap dibangun dengan luasan yang ideal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Disperkimtan),  Nurchaidir menambahkan, serah terima lahan untuk fasos dan fasum di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan tersebut, hendak dialokasikan untuk pembangunan sarana pendidikan dan sarana kesehatan. Di antaranya Sekolah SMP dan juga Puskesmas Sukasejati.

Baca juga :  Pemkab Bekasi Hadirkan Gerai Pelayanan Bortam di Kecamatan Setu

Melalui momentum penandatanganan serah terima yang dilakukan langsung oleh Direktur PT ISPI Group bersama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Nurchaidir berharap dapat mendorong pengembang lainnya. Baik itu pengembang di bidang perumahan maupun kawasan industri untuk mengikuti jejak yang sama demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar.

“Mudah-mudahan dengan adanya momen serah terima ini bisa terus berlanjut, dengan pengembang atau developer yang lainnya bisa menyusul melakukan serah terima fasos fasum yang ada dilingkungan-lingkungan perumahan,” ucap Nurchaidir.

Camat Cikarang Selatan, Muhammad Said mengatakan, kebutuhan sarana pendidikan dan kesehatan tersebut memang menjadi kebutuhan yang sudah lama diharapkan oleh masyarakat khususnya di wilayah Desa Sukasejati. Mengingat fasilitas sekolah yang ada saat ini cukup jauh untuk dapat diakses serta bangunan Puskesmas Sukasejati yang sebelumnya adalah Pustu dinilai kurang representatif.

Baca juga :  PWI Bekasi Kecam Demonstran yang Menuduh Wartawan Tidak Netral

“Jadi setiap hari ini kan untuk jumlah penduduk terus bertambah, baik penduduk lokal maupun penduduk urban. Termasuk pengembangan perumahan sendiri cukup banyak di Desa Sukasejati, jadi selanjutnya bertambahnya penduduk dan tuntutan masyarakat untuk kebutuhan sekolah kemudian layanan kesehatan mungkin tinggi, termasuk dalam peribadatan,” jelasnya.(HS)

Mungkin Anda Menyukai