Peringati Hari Pahlawan, TIDAR Gandeng PMI Humbahas Gelar Aksi Donor Darah

HUMBAHAS DapurBerita.com – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan , Tunas Indonesia  Raya (TIDAR) Humbahas gandeng  Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten  Humbahas melaksanakan aksi  donor darah bertempat di Kantor Formades Humbahas (10/11)

Ketua PMI Humbahas Hendrik Sitanggang, ST,MSP mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud dari menghargai dan menghormati  nilai -nilai perjuangan para Pahlawan dan menggerakkan rasa kemanusiaan   pemuda-pemudi lewat aksi donor darah. 

” Aksi Donor Darah ini sebagai edukasi kepada masyarakat khususnya pemuda/i agar mau dan berani melakukan kegiatan donor darah. Selain karena baik untuk kesehatan, donor darah sebagai wujud menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan. Juga menumbuh kembangkan rasa menghargai perjuangan para  pendahulu,  para Pahlawan  kita” ucap Hendrik.

Baca juga :  Rahmat Effendi Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI

Hendrik juga menyampaikan bahwa kegiatan aksi donor darah tersebut merupakan kerjasama antara PMI Humbahas dengan TIDAR Humbahas.

” Aksi Donor Darah yang kami laksanakan ini merupakan kerjasama dengan para pengurus TIDAR Humbahas, kegiatan ini adalah merupakan fasilitasi dari mereka, kami sangat berterimakasih  terimakasih kepada TIDAR Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah menfasilitasi kegiatan ini ” jelas Hendrik. 

Senada juga disampaikan Ketua TIDAR Humbahas, Indra Nainggolan  S.Sos, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan aksi donor adalah wujud tanggung jawab dan keterpanggilan mereka.

“Apa yang dilakukan ini sebagai wujud kepedulian TIDAR selaku Tunas Bangsa  terhadap masyarakat.  Kita melihat seringnya  kekurangan persediaan darah di tengah-tengah masyarakat, sehingga TIDAR terpanggil untuk turut berperan dalam  membantu mengentaskan masalah tersebut . Ke depan kami akan terus menggalakkan aksi yang sama”  kata Indra.

Baca juga :  Menteri ATR/BPN Dukung Penuh Percepatan Sertifikasi Aset PWI di Daerah

Juga hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan SH. MH .

Apresiasi disampaikan  Oloan Paniaran Nababan SH. MH kepada PMI dan TIDAR Humbahas atas aksi donor darah yang dilaksanakan.

“Saya merasa bangga dan terharu atas apa yang telah dilakukan oleh PMI dan TIDAR Humbahas atas kegiatan donor darah ini,  karena satu tetes darah cukup berarti bagi yang membutuhkan. Semoga tahun depan bisa teralokasikan dana untuk PMI Humbahas. Semoga bisa kita perjuangkan agar kegiatan seperti yang  dilakukan oleh PMI Humbahas bisa lebih baik, berkesinambungan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan ” ujar Oloan.

Sebelum menjadi calon pendonor, terdapat beberapa prosedur yang harus dijalani calon pendonor sebelum mendonorkan darah, seperti menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan, menjalani pengecekan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah, serta menerapkan physical distancing selama proses donor darah berlangsung. Pendonor juga diwajibkan menggunakan masker. (lam)

Baca juga :  Atasi Kekeringan Lahan Pertanian, Pemkab Bekasi Gencarkan Penambahan Debit Air

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan