Pj. Wali Kota Bekasi Kagum Akan Hasil Karya Seni Para Warga Binaan Bulak Kapal

KOTA BEKASI DapurBerita.com – Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad, bersilaturahmi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bulak Kapal beserta jajarannya dalam rangka menjalin silaturahmi dan sinergitas sekaligus melihat aktivitas Warga Binaan Lapas, Senin (23/10/2023).

Kunjungan Pj. Wali Kota Bekasi didampingi Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Inayatullah, Staf Ahli Wali Kota Marisi, beserta Camat Bekasi Timur Fitri Widyati, dan Lurah Aren Jaya Pra Fitria, disambut langsung oleh Muhammad Sussani selaku Kepala Lapas Bulak Kapal.

Dalam silaturahmi tersebut Pj. Wali Kota Bekasi dan Kepala Lapas membahas bersama beberapa hal dari mulai demografis atau kondisi terkini di Lapas, sarana prasarana pendukung, sampai dengan aktivitas penunjang untuk Warga Binaan Lapas.

Baca juga :  Desa Sukadami Tuntaskan Program Padat Karya Tunai Bersihkan Sungai Cikadu

Selain itu, sebagai sebuah langkah preventif agar tindak kejahatan atau tindakan apapun yang melanggar peraturan tidak terjadi lagi yang menyebabkan bertambahnya jumlah Warga Binaan Lapas, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad meminta Camat dan Lurah untuk mengedukasi warga masyarakat untuk dapat memberikan pengawasan ketat kepada anak-anak remaja pemuda-pemudi guna mencegah tindak kejahatan.

“Angka pelanggaran atau kejahatan di kalangan anak-anak sekolah atau pemuda-pemudi cukup banyak, contohnya saja tawuran atau penyalahgunaan narkotika, maka dari itu, Bu Camat dan Bu Lurah kiranya bisa membantu memberikan edukasi bagi warga masyarakat untuk bisa memberikan pengawasan yang ketat kepada anak-anak mereka, guna mencegah terjadinya tindak kriminal,” ucap Gani Muhamad di sela-sela diskusinya.

Baca juga :  Pangdam Jaya dan Wali Kota Bekasi Resmikan Gedung Makodim 0507/Bekasi

Terkait aktivitas-aktivitas penunjang untuk Warga Binaan Lapas, Kepala Lapas menyampaikan, “banyak kegiatan positif sebagai bentuk pelatihan dan mengisi waktu untuk para Warga Binaan, salah satunya adalah kegiatan pembuatan karya seni, seperti membatik, membuat kaligrafi, dan bahkan mendaur ulang sampah menjadi suatu produk atau barang bernilai ekonomis, yang tentunya selain bermanfaat banyak bagi para Warga Binaan, karya-karya tersebut bisa diperkenalkan ke khalayak luas dan bisa memberikan keuntungan tersendiri dari hasil-hasil karya tersebut,” ucap Kepala Lapas Muhammad Sussani.

Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menanggapi baik kegiatan tersebut dan bahkan menyempatkan melihat langsung proses pembuatan dan hasil-hasil karya seni dari Warga Binaan Lapas tersebut.

Baca juga :  Pasca Banjir, Damkar Siapkan Tim Bersihkan Lumpur

“Hasilnya bagus-bagus dan sangat menarik. Hasil karya ini musti diberikan kesempatan serta tempat untuk diperkenalkan kepada khalayak luas. Kami setiap Jum’at menggelar Bazaar di area Kantor Pemerintah Kota Bekasi, bisa ditunjukkan di situ, atau di setiap ada kesempatan Bazaar UMKM lainnya, bisa juga diberikan kesempatan untuk dipamerkan hasil-hasil karyanya, karena kualitasnya tidak kalah bagus dengan buatan lainnya, dan juga sebagai bentuk penghargaan kepada para Warga Binaan bahwa hasil karya mereka diakui dan diapresiasi,” tutup R Gani Muhamad. (Msk)

Mungkin Anda Menyukai