Program Penari, Puskesmas Sukaindah Targetkan 100 Persen Imunisasi Balita

KABUPATEN BEKASI DapurBerita.com – Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2024, Puskesmas Sukaindah, Kecamatan Sukakarya ikut berpartisipasi melaksanakan program sepekan mengejar imunisasi (Penari) memberikan pelayanan imunisasi bagi bayi usia 0 sampai 23 bulan yang belum atau terlambat mendapat imunisasi dasar lengkap. Pekan Imunisasi Dunia ini dilaksanakan selama sepekan mulai tanggal 22 – 28 April 2024.

Kepala Puskesmas Sukaindah, Karmo mengatakan, sebelum pelaksanaan berlangsung, Puskesmas Sukaindah telah mengikuti rapat bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dalam rangka rapat koordinasi persiapan pekan imunisasi dunia yang dilaksanakan selama sepekan secara serentak.

“Sebelum pelaksanaan ini, kami sudah membuat perencanaan kecil (micro planning) dari koordinator imunisasi menginstruksikan kepada bidan desa, kemudian melaporkan ke Puskesmas dengan melihat berapa jumlah data balita yang akan diimunisasi,” ujarnya pada Selasa, (23/04/2024).

Baca juga :  Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Terus Upayakan Peningkatan Kunjungan Wisata

Dari jumlah data yang telah dihimpun, kata dia, Puskesmas Sukaindah menargetkan 100 persen sasaran balita mendapatkan imunisasi. Adapun pelaksanannya dilakukan di Puskesmas Sukaindah dan masing-masing Posyandu di 7 desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sukaindah.

“Dalam pelaksanaannya Puskesmas Sukaindah telah berkoordinasi dengan Kecamatan Sukakarya, Kasi PMD dan lintas sektor lainnya. Dengan melibatkan para kader Posyandu, 7 bidan desa, dan puluhan tenaga kesehatan Puskesmas Sukaindah dan lainnya,” tambah dia.

Sementara itu, Koordinator Imunisasi Puskesmas Sukaindah, Sada menyampaikan, imunisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan bayi. Sehingga pemberian imunisasi mesti dilakukan sesegera mungkin agar terhindar dari ancaman berbagai penyakit, baik penyakit menular ataupun tidak menular.

Baca juga :  STT  Bina  Tunggal dan FORTEI Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal Ilmiah

Adapun vaksin yang diberikan pada PID ini, sambung Sada, di antaranya vaksin jenis Hb 0, BCG, DPT Hib, Polio Tetes, IPV, MR, PCV untuk mencegah penyakit pneumonia bronchitis atau Radang Paru, dan Rotavirus untuk pencegahan Diare.

“Selama ini yang kita pantau baru sampai ke Ispa ringan, dan sejauh ini di Puskesmas Sukaindah belum terjadi kasus penyakit TBC dan Difteri mudah-mudahan ke depannya tidak terjadi dengan penyakit-panyakit seperti itu,” ungkap Sada. Sada berharap, melalui Pekan Imunisasi Dunia (PID) ini, Puskesmas Sukaindah dapat mencapai target seratus persen. Dengan demikian, generasi masa depan bangsa dapat tercegah oleh berbagai penyakit dengan pemberian imunisasi. (Hans)

Baca juga :  IKP Fest 2023 Hadirkan Talkshow Bekasi Berani Lawan Hoaks Pemilu 2024

Mungkin Anda Menyukai