Puskesmas Tambelang Hadirkan Inovasi Program Anjelita

BEKASI DapurBerita.com -Puskesmas Tambelang menghadirkan inovasi program Anjelita (Antar Jemput Ibu Bersalin Puskesmas Tambelang). Melalui program tersebut, Puskesmas menyediakan layanan ambulans gratis untuk membantu antar jemput ibu hamil yang hendak bersalin di wilayah Kecamatan Tambelang.

Teguh Iman Santoso selaku Kepala Puskesmas Tambelang mengatakan, Program Anjelita ini dikhususkan untuk pelayanan persalinan. Mengingat Puskesmas adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dasar khususnya untuk ibu dan anak.

“Jadi ini kerjasama antara kader, bidan desa, dan bidan Poned itu harus konsolidasi, setiap ibu hamil harus dipantau, yang mulai hamil dipantau, yang mau lahir dipantau, supaya mengatasi stunting, jadi kita sistemnya jemput bola bukan menunggu lagi,” ungkap Teguh Iman Santoso selaku Kepala Puskesmas Tambelang, pada Rabu (03/01/2024).

Baca juga :  Semangat Awal Tahun, Puskesmas Danau Indah Tingkatkan Pelayanan UKM

Teguh menuturkan, Puskesmas Tambelang saat ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas ruangan Poned (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar), yang digunakan untuk memberikan pelayanan terhadap ibu hamil, bersalin, serta kegawatdaruratan bayi yang baru lahir.

“Kehadiran Poned juga menjadi penting, karena ibu hamil dan hendak melahirkan menjadi situasi darurat yang harus segera ditangani. Peran Poned dengan tenaga medis, sarana, serta peralatan medisny`a siap 24 jam apabila dibutuhkan,” tuturnya.
Menurutnya, dengan penyediaan fasilitas dan inovasi yang telah diterangkannya, diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta dapat menekan angka kematian ibu dan bayinya setelah melahirkan. “Tentunya, harapan kami adalah masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan yang maksimal serta memberikan kemudahan untuk dapat mengaksesnya,” harapnya (Hans)

Baca juga :  2.372 ASN Kabupaten Bekasi Mengkuti Asesmen

Mungkin Anda Menyukai