Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Presiden Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu

JAKARTA DapurBerita.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik dan mengambil sumpah jabatan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa jabatan tahun 2022-2027 di Istana Negara, Selasa (12/4/2022).

Dikutip melalui tayangan di Youtube Sekretariat Presiden, tujuh anggota KPU yang akan bertugas tahun 2022 sampai 2027 adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sementara itu, lima anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027 yang dilantik hari ini adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Sebelumnya, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara membacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33B Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota KPU dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34 B Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Bawaslu.

Baca juga :  Jangkau Wajib Pajak di Pedesaan, Bapenda Kab Bekasi Jemput Bola dengan Mobil Keliling

Setelah pembacaan surat keputusan, selanjutnya Kepala Negara mengambil sumpah para anggota KPU dan Bawaslu yang dilantik hari ini.

Dalam keterangannya selepas pelantikan, perwakilan anggota KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan konsolidasi internal untuk mempelajari persiapan jelang Pemilu 2024 yang telah dilakukan oleh anggota KPU periode sebelumnya.

“Semoga dalam waktu dekat kita dapat menetapkan Peraturan KPU tentang tahapan Pemilu 2024 dalam rangka untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 akan berjalan sesuai rencana, jadwal yang telah ditentukan,” ujar Hasyim. (Msk)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan