Tiga Kecamatan di Kabupaten Bekasi Masuki Musim Panen

BEKASI DapurBerita.com – Meski Sebagian besar wilayah di Kabupaten Bekasi tengah masuki musim penghujan di Februari 2024 ini, namun tak berdampak terhadap tanaman padi. Pasalnya, tiga kecamatan seperti Bojongmangu, Cibarusah, Serang Baru, memasuki awal musim panen.

Hal tersebut dikatakan Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo di kantornya, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat pada Senin (26/02/2024). “Mengenai puncak panen di tiga kecamatan tersebut, diperkirakan ada di bulan Maret,” katanya.

Dodo menerangkan, saat ini sebagian besar wilayah pertanian, tengah memasuki masa tanam. Masa Tanam ini, tambahnya, menjadi mundur karena mundurnya musim penghujan atau Dampak Perubahan Iklim (DPI). “Kemunduran tanam disebabkan mundurnya awal musim hujan periode rndeng sebagai dampak perubahan iklim,” tambahnya.

Baca juga :  Badan Narkotika Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi Anti Narkoba di Kedungwaringin

Beberapa wilayah yang mengalami mundur masa tanamnya, yaitu kecamatan Babelan, Tarumajaya, Cabangbungin, Muaragembong dan Sukawangi. Kendati demikian, pada Maret tahun ini akan selesai dari masa tanam.

“Dalam menghadapi perubahan iklim kita juga melakukan gerakan pengendalian tikus,” jelasnya. Gerakan pengendalian Organisme Penganggu Tanaman (OPT) dilakukan bersama dengan koordinator penyuluh, penyuluh pertanian, petugas POPT dan kelompok tani. (HS)

Mungkin Anda Menyukai