Transformasi dari Desa Menjadi Kelurahan, Plt Lurah Setia Asih Lanjutkan Program Unggulan

KABUPATEN BEKASI DapurBerita.com – Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya secara resmi telah berubah statusnya menjadi Kelurahan Setia Asih pada Desember 2022 lalu.Plt. Lurah Setia Asih, Dede Firmansyah mengatakan, Kelurahan Setia Asih yang sebelumnya statusnya masih sebagai desa memang sudah sangat layak bertransformasi menjadi kelurahan, mengingat banyaknya jumlah penduduk yang tinggal di sana.

“Usulan dari masyarakat bahkan sudah dari tahun 2008 dan Alhamdulillah di tahun 2018 diproses. Saya mengikuti betul prosesnya dan di tahun 2022 Pak Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan meresmikan secara langsung pergantian status dari desa ke kelurahan ini,” ucap Dede Firmansyah, Rabu (15/02/23).

Dede menuturkan, selama dua tahun dirinya mendapat kepercayaan dari Bupati Bekasi sebagai Penjabat Kepala Desa Setia Asih untuk mengawal dan membantu perubahan status desa menjadi kelurahan. Dengan bergantinya status desa menjadi kelurahan, kata dia, maka otomatis kebijakannya juga akan berubah dan mengacu kepada pemerintah daerah.

“Dengan bergantinya status ini mudah-mudahan pelayanan publik kepada masyarakat jauh lebih baik lagi dan membawa kemajuan bagi wilayah. Disamping itu, kita bertekad untuk tetap melanjutkan program-program unggulan yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Baca juga :  Pemkot Bekasi Jemput Bola, Layanan Adminduk Langsung Dilayani di Kelurahan

Dirinya mengungkapkan, beberapa program unggulan yang masih terus dijalankan diantaranya, pelatihan batik Bekasi Samara (Setia Asih Maju Sejahtera) yang menjadi batik dan ikon dari Kelurahan Setia Asih. Kemudian pengelolaan bank sampah yang ada di setiap Rukun Warga yang jumlahnya sebanyak 33 RW.

“Jadi salah satu upaya kita mengoptimalkan potensi wilayah adalah melakukan program-program yang mampu membawa manfaat bagi masyarakat. Misalnya bank sampah dari tiap dusun kemudian ke tingkat RW, sampah tersebut jadi bernilai ekonomi karena dapat ditukarkan dengan sembako, minyak dan lainnya,” kata dia. (Hans)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan