Tumbuhkan Minat Baca, SMAN 1 Sukakarya Gelar Kegiatan Literasi Dua Kali Sepekan

BEKASI DapurBerita.com – Dalam menumbuhkan budaya literasi pada siswa, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sukakarya rutin melaksanakan kegiatan literasi membaca. Kegiatan literasi ini menjadi agenda rutin SMAN 1 Sukakarya yang dilaksanakan dua kali dalam seminggu. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mendorong pengembangan karakter siswa.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sukakarya, Acep Hadi mengatakan, kegiatan literasi ini untuk meningkatkan pemahaman dan minat baca siswa, agar mereka dapat menguasai literasi dan menambah pengetahuan. Selain itu, tambah dia, Kegiatan ini juga merupakan program yang terus digencarkan di SMAN 1 Sukakarya.

Dia menjelaskan, program literasi yang tengah dilaksanakan ini meliputi literasi umum dan literasi membaca Al-Quran. Menurutnya disamping meningkatkan ilmu pengetahuan, hal ini juga dapat meningkatkan ketakwaan dan pemahaman baca quran terhadap siswa.

Baca juga :  Memasuki Hari Tenang, Pj Wali Kota Bekasi Pimpin Penertiban Atribut Kampanye

“Untuk Hari Selasa di antaranya ada literasi umum seperti literasi budaya, matematika, numerik dan sebagainya. Kemudian, di hari Kamis kita juga ada kegiatan khusus yakni literasi baca Quran termasuk dengan kajiannya,” ujar Acep Hadi, pada Selasa (27/02/2024).

Sebagai upaya dalam mendorong minat literasi siswa, jelas dia, pihaknya menyediakan beragam jenis buku bacaan yang tersedia di perpustakaan serta menggadakan lomba literasi guna mendorong kreatifitas dan motivasi bagi para siswa. Di antaranya seperti lomba bercerita, mengarang, bahasa Indonesia, bahasa Sunda, dan bahasa Inggris yang digelar setiap bulan bahasa.

“Alhamdulillah sebagian besar siswa sangat antusias dengan adanya kegiatan literasi ini. Terutama pada literasi bahasa tentang cerita rakyat, bagaimana mereka (siswa) bercerita di depan teman kelasnya. Nah, kalau untuk literasi Al-quran semua siswa mengikuti dan antusias dengan hal itu,” ungkapnya.

Baca juga :  Relawan MARTABAT Deklarasi Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Acep menambahkan, pihaknya juga berencana agar para siswa di sekolahnya belajar jurnalistik dengan membuat majalah atau buletin sekolah. “Saya berharap dalam literasi ini bisa dituangkan dalam bentuk majalah atau buletin yang kita harapkan ke depannya,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan literasi ini, sambung dia, diharapkan seluruh siswa SMAN 1 Sukakarya semakin meningkatkan wawasan dan melek akan pengetahuan baik literasi umum, literasi digital, literasi numerik, literasi Quran dan sebagainya. “Dengan adanya kegiatan literasi yang kita terapkan di sekolah ini, harapan kami juga ke depannya bisa meningkatkan nilai raport para siswa,” tandasnya. (HS)

Mungkin Anda Menyukai