UPTD Wilayah II Dinas LH, Angkat Sampah di Kali Pasir

KABUPATEN BEKASI EditorPublik.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melalui UPTD wilayah II bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Tambun Utara membersihkan dan mengangkat sampah sepanjang 200 meter yang berada di Kali Pasir Desa Satria Jaya, pada Senin (22/04/2024). Di lokasi kali tersebut, tumpukan sampah didominasi eceng gondok, batang pohon pisang dan sampah rumah tangga setinggi 1,5 meter. Sehingga menyumbat aliran sungai di Desa Satria Jaya.

Kepala UPTD Wilayah II Adi Suryana menyampaikan, pengangkatan sampah itu bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Tambun Utara serta Desa Satria Mekar serta sebanyak kurang lebih 30 orang. “Ya, kami menurunkan Tim Biawak atau Pasukan Orange untuk membersihkan kali Satria Jaya bersama stackholder setempat, kita selalu koordinasi agar bisa bekerjasama menangani sampah yang tersumbat di kali ini,” katanya.

Baca juga :  Choiruman J Putro: Anggaran Mobil Dinas Dengan Pembangunan Harus Jalan

Adi menyampaikan pihaknya menurunkan satu unit eskavator dan 20 mobil truk pengangkut sampah yang nantinya akan diangkut dan di bawa ke TPA Burangkeng Setu. “Ya karena kemarin ada laporan dari masyarakat, bahwa kali tersebut banyak penyumbatan akibat banyak sampah yang menyangkut, jadi langsung kami tindaklanjuti pada hari ini, apalagi Pasca Lebaran ini langsung kita bersihkan” katanya.

Camat Tambun Utara Najmuddin mengatakan, tumpukan sampah ini berasal dari hulu ke hilir, ketika kemarin hujan yang lebat. “Ya, makanya kami koordinasi bersama DLH dan instansi terkait, alhamdulilah hari ini sampah tersebut di angkut dan di bersihkan oleh pihak DLH bekerjasama dengan pihak desa,” ungkapnya.

Baca juga :  Pemkot Bekasi Targetkan Capai 93% Herd Immunity Akhir Okotober 2021

Kecamatan Tambun Utara rutin menggelar Jumat Bersih (Jumsih) di setiap Desa ataupun Kelurahan.”Ya, setiap minggon kami selalu sampaikan kepada Kepala Desa  untuk terus melakukan imbauan kepada RW ataupun RT untuk terus menggelar Jumsih ini,” terangnya.Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Dikhawatirkan nanti akan menyebabkan banjir di wilayah Kecamatan Tambun Utara. “Mari kita jaga alam, alam pasti jaga kita,” ujarnya. (Hans)

Mungkin Anda Menyukai